Kegiatan Wasbin dan Assesment Surveilence oleh Tim APM PT Manado

Pada hari Kamis 11 Oktober 2018 dilaksanakan kegiatan Pengawasan dan Pembinaan sekaligus Assesment Surveilance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu (TAPM) Pengadilan Tinggi Manado di Pengadilan Negeri Kotamobagu. Adapun Tim tersebut diketuai langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Manado YM Bapak Dr. H. Lexsy Mamonto, S.H., M.H beserta para anggota yang terdiri :
1. YM Bapak Hakim Tinggi Parulian Lumbantoruan, SH., M.H
2. YM Bapak Hakim Tinggi Kisworo,S.H., M.H
3. Bapak Arwin, S.H
4. Bapak Markus M. Leode, S.H
5. Bapak Rian H. Fikri, S.E.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari sampai pada Jumat 14 Oktober 2018. Pada hari pertama kegiatan diawali dengan Pengawasan dan Pembinaan dirangkaikan dengan Sosialisasi Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI No. 01/Maklumat/KMA/IX/2017 tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur MA dan Badan Peradilan di bawahnya. Dalam penyampainnya Wakil Ketua PT Manado pada pokoknya menekankan agar setiap aparatur dalam menjalankan tugas harus sesuai dengan aturan yang ada, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan secara baik dan maksimal. Dengan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat maka Visi dan Misi Mahkamah Agung yaitu terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung dapatlah tercapai.

Setelah makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Pembukaan (Opening Meeting) APM oleh Tim Assesment. Dalam kegiatan pembukaan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti dengan Sambutan dari Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu. Kemudian dilanjutkan dengan Pengantar dari Ketua Assesment TAPM Pengadilan Tinggi Manado sebagai tanda dimulainya kegiatan assesment. Selesai kegiatan pembukaan, Tim Assesment Surveilance langsung melakukan assesment yang dilakukan dengan metode tanya jawab dan pemeriksaan bukti dokumen terhadap 4 pilar jajaran pimpinan Pengadilan Negeri Kotamobagu yaitu Warsito, S.H yang merupakan Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu sebagai Top Manager, Dewantoro, S.H., M.H sebagai Quality Manager Representative, Rietha V. Karouw, S.H yang merupakan Panitera Pengadilan Negeri Kotamobagu sebagai Koordinator Teknik dan Donny S. Golonggom, S.E yang merupakan Sekretaris Pengadilan Negeri Kotamobagu sebagai Koordinator Operasional.
Setelah dilaksanakan Assesment terhadap 4 pilar, kegiatan Assesmen dilanjutkan dengan pemeriksaan kinerja terhadap seluruh unit pada Pengadilan Negeri Kotamobagu yang terdiri dari Kepaniteraan Perdata, Kepaniteraan Pidana, Kepaniteraan Hukum, Sub Bagian Umum dan Keuangan, Sub Bagian Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana dan Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan.
Assesment ini ditutup pada Jumat siang dengan dilaksanakannya Rapat Penutupan (Closing Meeting).


Dalam rapat ini disampaikan hasil assesment yang dilaksanakan oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu berupa temuan minor dan observasi yang harus ditindaklanjuti oleh Pengadilan Negeri Kotamobagu. Acara ini diakhiri dengan penandatanganan dan penyerahan hasil assesment oleh Tim Akreditasi Penjaminan Mutu kepada Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *